%0 Generic %A Elsa , Mardianti %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:85949 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH KEGIATAN KOKURIKULER TERHADAP CIVIC SKILL PESERTA DIDIK DI MTSN 2 PESAWARAN %U http://digilib.unila.ac.id/85949/ %X Lembaga pendidikan saat ini terus berupaya dalam membangun generasi yang unggul melalui pengembangan potensi, minat dan bakat peserta didik, serta meningkatkan kemampuan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kokurikuler terhadap civic skill peserta didik di MTsN 2 Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Pesawaran tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 responden. Pengambilan data penelitian menggunakan teknik angket, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh kegiatan kokurikuler terhadap civic skill peserta didik di MTsN 2 Pesawaran. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan muhadharah memiliki peran penting dalam membantu peserta didik mengembangkan keterampilan kewarganegaraan dengan presentase sebesar 42,2% melalui kemampuan berkomunikasi, melaksanakan kewajiban, dan kemampuan memimpin kegiatan. Muhadharah ini juga berkontribusi dalam membentuk karakter peserta didik agar lebih percaya diri, bertanggung jawab, dan mampu menjalankan peran mereka sebagai warga negara yang baik. Kata kunci: Peserta didik, Kegiatan Kokurikuler, Muhadharah, Civic Skill.