%0 Generic %A NABELA, HAIRUNISA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:85979 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/85979/ %X Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dalam bidang matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandarlampung tahun ajaran 2023/2024. Siswa terdistribusi dalam 9 kelas yaitu VIII-A sampai VIII-I. Sampel dalam penelitian dipilih dengan menggunakan Teknik cluster random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII-F dan VIII-G. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Desain dengan teknik tes yang digunakan berupa tes tertulis. Berdasarkan uji Mann Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti Creative Problem Solving sama dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dari hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis terkategori baik dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi daripada proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis terkategori baik dalam pembelajaran matematika dengan model konvensial. Kata kunci: efektivitas, kemampuan berpikir kritis matematis, model pembelajaran Creative Problem Solving