TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints85989 UR - http://digilib.unila.ac.id/85989/ A1 - NISA, NURMALA Y1 - 2024/07/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan software geogebra dalam model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Pesawaran tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam tujuh kelas yaitu kelas VIII-A sampai VIII-G. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa data gain pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti penggunaan software geogebra dalam model pembelajaran guided inquiry lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran guided inquiry tanpa software geogebra. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan penggunaan software geogebra dalam model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : guided inquiry kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh, software geogebra PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) AV - restricted ER -