%0 Generic %A LINTANG, HAPSARI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:85991 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/85991/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung sebanyak 324 siswa yang terdistribusi dari kelas VIII.1 sampai VIII.11. Sampel penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling, dan diperoleh kelas VIII.1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Desain pada penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U dengan α = 0,05 diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran guided inquiry learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model guided inquiry learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Kata kunci: pengaruh, representasi matematis siswa, guided inquiry learning