%0 Generic %A DANIEL, DWI SAPUTRA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:86000 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/86000/ %X Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 1 Margajaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media Quizizz terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi berjumlah 55 peserta didik dan subjek yang digunakan yaitu 28 peserta didik kelas IV A dan 27 peserta didik kelas IV B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji t dan diperoleh nilai thitung (7,6770) > ttabel (1,6746). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Quizizz terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 1 Margajaya.