%0 Thesis %9 Masters %A Dwi , Permatasari %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:86014 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/86014/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tahapan penelitian pengembangan ini dimulai dari tahap research and information collecting (penelitian dan pengumpulan informasi), planning (perencanaan), develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), preliminary field testing (uji coba lapangan awal), main product revision (revisi produk utama), dan main field testing (pengujian lapangan utama). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs. Nurul Islam Tahun Pelajaran 2023/2024. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil analisis data kevalidan dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan praktis. Hasil uji efektivitas LKPD berbasis PBL dalam kategori tinggi dengan kriteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata kunci: Pemecahan masalah matematis, LKPD, model PBL. This development research aims to produce a Student Worksheet with the Problem Based Learning learning model to improve students' mathematical problem solving skills. The development research stages start from the research and information collecting stage (research and gathering information), planning (planning), develop preliminary form of product (developing the initial product form), preliminary field testing (initial field trials), main product revision (revision main product), and main field testing (main field testing). The subjects of this research were students of class VII MTs. Nurul Islam Academic Year 2023/2024. This research data was obtained using questionnaires and tests of mathematical problem solving abilities. The results of data analysis on the validity and practicality of the developed LKPD are included in the valid and practical category. The results of the PBL-based LKPD effectiveness test are in the high category with effective criteria. Thus, it can be concluded that the PBL-based LKPD is valid, practical and effective in improving students' mathematical problem solving abilities. Keywords: Mathematical problem solving skills, LKPD, PBL model.