%0 Generic %A APRINA , RAHMATIKA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:86051 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN DONGENG SAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL HIKMAH NATAR %U http://digilib.unila.ac.id/86051/ %X Penggunaan dongeng sains sangat berpengaruh dalam kemampuan literasi anak usia dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan dongeng sains terhadap kemampuan literasi anak usia dini usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental “OneGroup Pretest-Posttest Design”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 anak. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng sains memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi anak dengan nilai rata-rata pretest sebesar 26,73 dan nilai rata-rata posttest sebesar 48,13. Berdasarkan hasil uji prasyarat menggunakan perhitungan uji normalitas data yang diperoleh kelas pretest sebesar 0,056 dan perhitungan uji normalitas data yang diperoleh kelas posttest sebesar 0,211. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan 0,332 maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat homogen. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan dongeng sains terhadap kemampuan literasi anak usia dini 5-6 tahun. Kata Kunci: dongeng sains; kemampuan literasi; anak usia dini