TY - GEN ID - eprints8609 UR - http://digilib.unila.ac.id/8609/ A1 - 0743031045, Ucha Nurhati Putri Y1 - 2012/01/20/ N2 - Guru adalah tenaga pendidik yang memberikan sejumlah ilmu pengetahuan kepada siswa di sekolah, gurulah yang menciptakan lingkungan belajar bagi kepentingan belajar siswanya. Seorang guru dituntut memiliki performen kerja yang baik, karena dia adalah pelaku utama dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga, dapat dikatakan bahwa produktivitas kerja seorang guru merupakan suatu usaha yang penuh dari tiap-tiap guru untuk pencapaian hasil kerja yang maksimal dengan selalu menganggap bahwa metode kerja hari ini harus lebih baik dari pada metode kerja hari kemarin dan hasil yang dapat diraih esok hari harus lebih banyak atau lebih bermutu daripada hasil yang diraih hari ini. Produktivitas tidak hanya merupakan masalah bagaimana seorang guru harus bekerja keras saja, tetapi yang penting bekerjasama dengan menejemen, dengan pimpinan yang luwes (smarter), membuat pekerjaan lebih mudah, sederhana, cepat dan efisien. Jadi seorang guru yang berhasil harus mempertimbangkan semua komponen produktivitas serta mengantisipasi lebih dini, agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan sukses dan mencapai kemajuan Dengan kata lain, produktivitas kerja guru akan meningkat jika adanya peran serta partisipasi guru dalam pengambilan keputusan, kerjasama, dan rasa keadilan. Berdasarkan hal di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja guru SMP Negeri 2 Negerikaton Kab. Pesawaran yang dibatasi pada variabel partisipasi guru dalam pengambilan keputusan, kerjasama, dan rasa keadilan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 2 Negerikaton yang berjumlah 37 orang dengan sampel 34 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh partisipasi guru dalam pengambilan keputusan terhadap produktivitas keja guru SMPN 2 Negrikaton tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,211 pada taraf signifikansi 0,05 Berdasarkan analisis data diperoleh t = 2,924 sedangkan t tabel = 2,037 , ini berarti t hitung > t tabel. hitung 2. Ada pengaruh kerjasama terhadap produktivitas keja guru SMPN 2 Negrikaton tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,303 pada taraf signifikansi 0,05 Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 3,727 sedangkan t tabel = 2,037 , ini berarti t hitung 3. Ada pengaruh rasa keadilan terhadap produktivitas keja guru SMPN 2 Negrikaton tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rē= 0,279 pada taraf signifikansi 0,05 Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 3,518 sedangkan t tabel > t tabel. = 2,037, ini berarti t > t tabel. 4. Ada pengaruh partisipasi guru dalam pengambilan keputusan, kerjasama, dan rasa keadilan terhadap produktivitas keja guru SMPN 2 Negrikaton tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh Rē= 0,518, pada taraf signifikansi 0,05 dengan F = 10,755 sedangkan F tabel = 2,922, ini berarti F hitung >F tabel. TI - PENGARUH PARTISIPASI GURU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN, KERJASAMA, DAN RASA KEADILAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SMP NEGERI 2 NEGERIKATON KEC. NEGERIKATON KAB. PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -