?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+METODE+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+SISWA+PADA+MATA+PELAJARAN+IPS%0D%0AKELAS+VB+SDN+01+METRO+TIMUR&rft.creator=+%2C+ZAHRIAL+YUDHA+PRAWIRA&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Pembelajaran+Ilmu+Pengtahuan+Sosial+(IPS)+di+kelas+VB+SDN+01+Metro+Timur+belum+berlangsung+seperti+apa+yang+diharapkan.+Guru+masih+memposisikan+dirinya+sebagai+satu-satunya+sumber+pembelajaran+di+kelas+(teacher+centered)%2C+sehingga+siswa+menjadi+pasif.+Hal+ini+berakibat+kepada+rendahnya+aktivitas+dan+prestasi+belajar+siswa.+Oleh+karena+itu%2C+penelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+belajar+siswa+kelas+Vb+SDN+01+Metro+Timur+melalui+penerapan+metode+Problem+Based+Learning+(PBL).+Jika+pembelajaran+menggunakan+PBL+dengan+langkah-langkah+yang+tepat%2C+maka+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+belajar+siswa+kelas+Vb+SDN+01+Metro+Timur.%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+metode+Penelitian+Tindakan+Kelas+(classroom+action+research).+Prosedur+penelitian+dilaksanakan+melalui+4+tahapan%2C+yaitu+(1)+Perencanaan+(Planing)%2C+(2)+Pelaksanaan+(Acting)%2C+(3)+Pengamatan+(Observing)%2C+(4)+Refleksi+(Reflecting).+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+teknik+tes+dan+non+tes+untuk+mendapatkan+data+tentang+prestasi+belajar+dan+aktivitas+siswa+dalam+proses+pembelajaran.+Adapun+alat+pengumpul+data+yang+digunakan+adalah+lembar+observasi+untuk+mengetahui+aktivitas+siswa%2C+kinerja+guru+dan+soal+tes+untuk+mengetahui+data+hasil+belajar+siswa.+Data+yang+terkumpul+diolah+dengan+menggunakan+analisis+kualitatif+dan+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+metode+Problem+Based+Learning+(PBL)+pada+mata+pelajaran+IPS+kelas+Vb+SDN+01+Metro+Timur+dapat+meningkatkan+aktivitas+siswa+dan+berdampak+kepada+peningkatan+prestasi+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+persentase+aktivitas+siswa+pada+siklus+I+(49%2C77%25)%2C+siklus+II+(67%2C92%25)%2C+dan+siklus+III+(83%2C78%25).+Begitu+pula+persentase+hasil+prestasi+belajar+siswa+pada+siklus+I+(58%2C62%25)%2C+siklus+II+(62%2C06%25)%2C+dan+siklus+III+(82%2C75%25).+Berdasarkan+hasil+penelitian%2C+dapat+disimpulakan+bahwa+penerapan+metode+Problem+Based+Learning+(PBL)+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+IPS+kelas+Vb+SDN+01+Metro+Timur.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Metode+Problem+Based+Learning+(PBL)%2C+Aktivitas%2C+Prestasi+Belajar+Siswa.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F1%2FCover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F3%2FMengesahkan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F4%2Fmengetahui.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F5%2FPernyuataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F10%2FBAB%2520IV.%2520bnr%2520br.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F13%2FPDF.zip&rft.identifier=+++%2C+ZAHRIAL+YUDHA+PRAWIRA++(2011)+PENERAPAN+METODE+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+SISWA+PADA+MATA+PELAJARAN+IPS+KELAS+VB+SDN+01+METRO+TIMUR.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F861%2F