TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints86103 UR - http://digilib.unila.ac.id/86103/ A1 - Dita , Khoerunnisa Y1 - 2025/02/03/ N2 - Berdirinya sekolah Tiong Hoa Hwee Koan (THHK) tentunya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak Tionghoa di Batavia. Namun, dalam perkembangannya organisasi ini tidak hanya berfokus pada pendidikan, tetapi menjadi awal lahirnya nasionalisme di kalangan Masyarakat Tionghoa dan persatuan untuk memperjuangka hak-hak mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian historis, dengan Teknik pengumpulam data yaitu, dokumentasi dan kepustakaan serta menggunakan Teknik analisis data historis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran sekolah THHK dalam Nasionalisme Tionghoa memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk identitas nasionalis Tiongkok di kalangan masyarakat Tionghoa di Batavia, melalui pendidikan mereka tidak hanya melestarikan budaya dan bahasa asli mereka, tetapi juga menanamkan kesadaran akan pentingnya persatuan di kalangan Masyarakat Tionghoa untuk menuntut hak-hak mereka. Para murid THHK terus mengembangkan pemikiran kritis terhadap kolonialisme dan ikut berkontribusi dalam pergerakan politik dan menyebarkan ide-ide nasionalisme melalui Pers Tionghoa dan para guru yang mengajar tentunya memiliki peran dalam menanamkan ideologi nasionalisme. Namun hal ini, tentunya mendapatkan tantangan dari pemerintah Belanda, mereka menganggap bahwa sekolah THHK sebagai ancaman bagi kepentingan Belanda, dan mulai mengawasi sekolah THHK dan membatasi pelajaran yang di ajarkan. Sekolah THHK mulai di curigai sebagai tempat penyebaran paham nasionalisme yang dapat membahayakan kepentingan Belanda. Implikasi pendidikan THHK pada masa kolonial mencangkup berbagai aspek dan tentunya berdampak pada komunitas Tionghoa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - Peran Tiong Hoa Hwee Koan (THHK) Dalam Pembentukan Nasionalisme Tionghoa Di Batavia Tahun 1901-1942 AV - restricted ER -