?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=Upaya+Peningkatan+Aktivitas+Belajar+Dan+Hasil+Belajar+IPS+Terpadu+Melalui%0D%0AModel+Kooperatif+Tipe+Think+Pair+Share+Pada+Siswa+Kelas+XIA+SMK+Cahya%0D%0AKartika+Palas+Lampung+Selatan+Tahun+Pelajaran+2010%2F2011&rft.creator=1013073001%2C+Luth+Fitriana&rft.subject=+&rft.description=Kegiatan+belajar+sehari-hari+ditemukan+adanya+kebiasaan+belajar+beberapa+Siswa%0D%0Ayang+kurang+baik.+Kebiasaan+tersebut+antara+lain%3A+tidak+memperhatikan+penjelasan%0D%0Aguru%2C+tidak+mencatat%2C+mengantuk%2C+tidak+mau+bertanya+antar+guru+atau+Siswa%2C%0D%0Angobrol+dan+bermain-main.+Kebiasaan+tersebut+disebabkan+oleh+ketidak%0D%0Amengertian+Siswa+pada+arti+belajar+bagi+dirinya+sendiri+dan+dapat+merugikan%0D%0Adirinya+sendiri+sehingga+hasil+belajar+kurang+optimal.+oleh+karena+itu%2C+diperlukan%0D%0Ametode+atau+model+pembelajaran+yang+bervariasi+sehingga+Siswa+tidak+jenuh+dan%0D%0Aaktif+selama+proses+pembelajaran.+Guru+harus+menciptakan+pembelajaran+yang%0D%0Aefektif+dalam+hal+ini+guru+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think%0D%0APair+Share.%0D%0ARumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+1)+Apakah+dengan+menggunakan%0D%0Amodel+pembelajaran+kooperatif+Think+Pair+Share+dapat+meningkatkan+aktivitas%0D%0Abelajar+IPS+Terpadu+Siswa+kelas+XIA+SMK+Cahya+Kartika+Palas+Lampung+Selatan%0D%0ATahun+Pelajaran+2010%2F2011%3F+2)Apakah+dengan+menggunakan+model%0D%0Apembelajaran+Think+Pair+Share+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+IPS+Terpadu%0D%0ASiswa+kelas+XIASMK+Cahya+Kartika+Palas+Lampung+Selatan+Tahun+Pelajaran%0D%0A2010%2F2011%3F+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+peningkatan+aktivitas%0D%0Abelajar+dan+hasil+belajar+Siswa+dalam+pembelajaran+IPS+Terpadu+khususnya%0D%0Asosiologi+pada+Siswa+kelas+XIA+SMK+Cahya+Kartika+Palas+Lampung+Selatan%0D%0Akarena+memiliki+karakteristik+aktivitas+dan+hasil+belajar+yang+masih+rendah.%0D%0ASelama+proses+pembelajaran+keterlibatan+Siswa+masih+kurang%2C+pasif%2C+dan%0D%0Akurangnya+variasi+dalam+menggunakan+metode+atau+model+pembelajaran+sehingga%0D%0Aperlu+dilakukan+oleh+guru+untuk+menciptakan+pembelajaran+yang+efektif+melalui%0D%0Amodel+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+Share.+Metode+yang+digunakan%0D%0Adalam+penelitian+ini+adalah+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK)+yang+terdiri+dari+tiga%0D%0Asiklus+meliputi+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Teknik%0D%0Apengumpulan+data+menggunakan+teknik+tes+dan+observasi.%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+maka+dapat+disimpulkan+sebagai+berikut%3A%0D%0A1.+Rata-rata+persentase+aktivitas+belajar+Siswa+pada+siklus+I+yaitu+sebesar%0D%0A53.56%25%2C+pada+siklus+II+yaitu+sebesar+85.29%25%2C+dan+pada+siklus+III+yaitu%0D%0A91.17%25.+Peningkatan+aktivitas+belajar+dari+siklus+I+ke+siklus+II+sebesar%0D%0A31.73%25+dan+peningkatan+aktivitas+belajar+dari+siklus+II+ke+siklus+III+sebesar%0D%0A5.88%25.%0D%0A2.+Persentase+ketuntasan+kelas+dan+nilai+rata-rata+kelas+pada+siklus+I+menunjukan%0D%0Apersentase+ketuntasan+sebesar+67.65%25+dengan+nilai+rata-rata+65+pada+siklus+II%0D%0Apersentase+ketuntasan+sebesar+70.58%25+dengan+nilai+rata-rata+66.5%2C+dan+pada%0D%0Asiklus+III+persentase+ketuntasan+sebesar+76.47%25+dengan+nilai+rata-rata+67.5.%0D%0Apeningkatan+ketuntasan+kelas+dari+siklus+I+ke+siklus+II+sebesar+2.93%25+dan%0D%0Apeningkatan+ketuntasan+kelas+dari+siklus+II+ke+siklus+III+sebesar+5.89%25.%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+diperoleh+kesimpulan+bahwa+dalam%0D%0Apembelajaran+dengan+menggunakan+model+kooperatif+Think+Pair+Share+dapat%0D%0Ameningkatkan+aktivitas+belajar+dan+hasil+belajar+Siswa+pada+setiap+siklusnya&rft.date=2012-02-03&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F3%2FCOVER.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F4%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F6%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F6%2FDAFTAR%2520tabel%2520sip.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F7%2FKATA%2520PENGANTAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F8%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F9%2FMENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F10%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F11%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F12%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F13%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++1013073001%2C+Luth+Fitriana++(2012)+Upaya+Peningkatan+Aktivitas+Belajar+Dan+Hasil+Belajar+IPS+Terpadu+Melalui+Model+Kooperatif+Tipe+Think+Pair+Share+Pada+Siswa+Kelas+XIA+SMK+Cahya+Kartika+Palas+Lampung+Selatan+Tahun+Pelajaran+2010%2F2011.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8617%2F