TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints86202 UR - http://digilib.unila.ac.id/86202/ A1 - FADHILAH , OKTAVIYANTI Y1 - 2025/03/21/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penggunaan instrumen Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis proyek dan mendeskripsikan setiap level kemampuan berpikir kritis yang dicapai peserta didik yang dipengaruhi oleh Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis proyek. Sampel kuantitatif pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 di MAN 1 Lampung Tengah tahun ajaran 2024/2045 semester genap. Sedangkan, sampel kualitatif yang digunakan adalah sebanyak satu peserta didik dari tiap level kemampuan berpikir kritis yang terukur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran (Mixed Method) dengan desain penelitian Explanatory Sequential Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penggunaan instrumen AfL pada pembelajaran fisika berbasis proyek, kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat. Hal ini terlihat dari hasil uji perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest menggunakan Paired Sample T-Test yang menunjukkan bahwa nilai sig. < 0,05. Peningkatan kemampuan berpikir kritis didukung dengan dilakukan perhitungan N-Gain berada pada kriteria sedang. Level kemampuan berpikir kritis peserta didik yang terukur terdiri dengan 5 tingkatan dengan deskripsi yang berbeda-beda, yaitu level 4 memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir kritis, level 3 memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kritis, level 2 memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis, level 1 memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kritis, dan level 0 memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: Assessment for Learning, Level Kemampuan Berpikir Kritis, PjBL. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - IMPLEMENTASI INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN LEVEL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -