title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK creator: FANI , RASMA SARI subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah diberikan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model IBL serta mereduksi perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang mungkin ditimbulkan oleh kemampuan awal. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X1 dan X2 SMAN 1 Sekampung tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dilakukan menggunakan instrumen test berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model IBL kemampuan berpikir kritis peserta didik pada setiap kemampuan awal meningkat. Hal ini terlihat dari hasil uji Wilcoxon pada setiap kemampuan awal didapatkan nilai sig. (2-tailed) < 0,05. Selain itu, tidak ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada setiap kemampuan awal yang diketahui dari hasil uji One Way Anova menggunakan nilai N-gain didapatkan nilai Sig. 0,05. Kata kunci : Inquiry Based Learning (IBL), pembelajaran berdiferensiasi, perubahan iklim publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-03-25 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86204/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86204/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86204/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: FANI , RASMA SARI (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86204/