?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024047&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PBL+BERDIFERENSIASI+KONTEN+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK+KELAS+X+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM&rft.creator=Adelia+%2C+Safitri&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model+PBL+berdiferensiasi+konten+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim+di+SMA+Negeri+1+Abung+Semuli.+Penelitian+ini+menggunakan+quasi+eksperimen+dengan+desain+penelitian+pretest-posttest+nonequivalent+control+group+design.+Subyek+penelitian+ini+yaitu+peserta+didik+kelas+X1+sebagai+kelompok+ekperimen+dan+X7+sebagai+kelompok+kontrol.+Data+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+dikumpulkan+menggunakan+instrumen+tes+dianalisis+menggunakan+uji+Independent+sample+t-test+kemudian+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rerata+N-gain+yang+diperoleh+0%2C53+(sedang)+pada+kelas+ekperimen+dan+0%2C25+(rendah)+pada+kelas+kontrol.+Hasil+uji+hipotesis+menunjukkan+bahwa+kemampuan+berpikir+kritis+sebesar+Sig.+(0%2C00+%3C+0%2C05)+yang+berarti+H0+ditolak+dan+H1+diterima%2C+sehingga+menunjukkan+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+dengan+kemampuan+berpikir+kritis+paling+tinggi+yaitu+strategy+and+tactic+(N-gain+0%2C70)+sedangkan+yang+paling+rendah+pada+basic+for+decision+(N-gain+0%2C43).+Sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+model+PBL+berdiferensiasi+konten+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+kemampuan+bepikir+kritis+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+Model+PBL%2C+Diferensiasi+Konten%2C+Kemampuan+Berpikir+Kritis%2C+Perubahan+Iklim.+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-03-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86276%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86276%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86276%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Adelia+%2C+Safitri++(2025)+PENGARUH+MODEL+PBL+BERDIFERENSIASI+KONTEN+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK+KELAS+X+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86276%2F