TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints863 UR - http://digilib.unila.ac.id/863/ A1 - , ZUHAITI Y1 - 2011/09/23/ N2 - Saat ini, pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD kelas I sampai dengan kelas III masih dilakukan secara terpisah- pisah atau akademistik, sesuai dengan tahapan perkembangan anak yang masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistic), pembelajaran yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah akan menyebabkan kurang bisa mengembangkan kemampuan anak secara optimal.Pelaksanaan pembelajaran yang terpisah, akan berdampak pada kesulitan . Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah model pembelajaran tematik dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas I SDN 2 Way Halim Permai ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui penerapan model pembelajaran tematik pada siswa kelas I SDN 2 Way Halim Permai Bandar Lampung. Tindakan ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, pengamatan dan refleksi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Keberhasilam prestasi pembelajaran siswa pada siklus I mengalami peningkatan kesiklus II sebesar 44% sehingga prestasi belajar siswa meningkat dan mengalami ketuntasan belajar. Kata kunci : Pembelajaran Tematik , IPA PB - Fakultas KIP TI - MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I SDN 2 WAY HALIM PERMAI BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -