?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERAN+EDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT+DALAM%0D%0APROBLEM+BASED+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN%0D%0AKETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK&rft.creator=Chania+%2C+Pitrisia&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+peran+Education+for+Sustainable%0D%0ADevelopment+(ESD)+dalam+Problem+Based+Learning+(PBL)+untuk+meningkatkan%0D%0Aketerampilan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim.+Penelitian%0D%0Aini+dilakukan+di+SMAN+16+Bandar+Lampung%2C+dengan+populasi+yang+digunakan%0D%0Aseluruh+kelas+X+SMAN+16+Bandar+Lampung+dan+sampel+pada+penelitian+ini+yaitu%0D%0Akelas+X.5+sebagai+kelas+eksperimen+dan+X.8+sebagai+kelas+kontrol+yang+diambil%0D%0Asecara+cluster+random+sampling.+Penelitian+ini+menggunakan+desain+penelitian%0D%0APretest+Posttest+Control+Group+Design%2C+dengan+instrumen+penelitian+lembar+tes+soal%0D%0Auraian.+Hasil+penelitian+dapat+meningkatkan+keterampilan+berpikir+kritis+peserta%0D%0Adidik%2C+dibuktikan+dengan+nilai+rata-rata+N-gain+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C74%0D%0Adengan+kategori+tinggi+lebih+besar+dibandingkan+pada+kelas+kontrol+dengan+ratarata+N-gain+sebesar+0%2C46+dengan+kategori+sedang.+Berdasarkan+hal+tersebut%0D%0Amenunjukkan+bahwa+keterampilan+berpikir+kritis+kelas+eksperimen+lebih+meningkat%0D%0Adibandingkan+kelas+kontrol.+Pernyataan+ini+juga+didukung+dengan+data+perolehan%0D%0Auji+Independent+Sample+T-test+diperoleh+nilai+Sig.+(2-tailed)+0%2C000+%3C+0%2C05+dan+juga%0D%0Anilai+effect+size+sebesar+0%2C612+pada+kategori+tinggi%2C+sehingga+dapat+disimpulkan%0D%0Abahwa+pendekatan+ESD+dalam+model+PBL+berperan+meningkatkan+keterampilan%0D%0Aberpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim.%0D%0AKata+kunci%3A+Education+for+Sustainable+Development+(ESD)%2C+keterampilan+berpikir%0D%0Akritis%2C+dan+Problem+Based+Learning+(PBL).&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-04-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86313%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86313%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86313%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Chania+%2C+Pitrisia++(2025)+PERAN+EDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT+DALAM+PROBLEM+BASED+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86313%2F