%A - NURHAYATI %T PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS STEM-SRSD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NUMERASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas model pembelajaran IPAS berbasis STEM-SRSD untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed method) dengan desain penelitian embedded experimental model. Penelitian campuran merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedur pengembangan 4D (four-D). Model penelitian dan pengembangan model 4D terdiri atas 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Teknik analisis data menggunakan analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis untuk efektivitas. Hasil analisis data menujukkan model pembelajaran GREAT valid untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Validitas model pembelajaran GREAT dari ketiga validator diperoleh nilai hasil akhir 78,85% dengan keputusan valid dan kriteria tinggi/baik. Kepraktisan model pembelajaran GREAT memperoleh rata-rata persentase skor 95,79% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas model pembelajaran GREAT memperoleh N-Gain 0,59 termasuk dalam kriteria sedang atau efektif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran GREAT dinyatakan valid untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. 2) model pembelajaran GREAT dinyatakan praktis untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. 3) model pembelajaran GREAT dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran GREAT, IPAS, Keterampilan Numerasi, Berpikir Kritis. %D 2025 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints86344