creators_name: FERDY , IRAWAN creators_id: 2016071061 type: other datestamp: 2025-04-21 07:51:00 lastmod: 2025-04-21 07:51:00 metadata_visibility: show title: PERBANDINGAN IMPLEMENTASI EKONOMI SIRKULAR OLEH THE COCA-COLA COMPANY TERHADAP PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI INDONESIA DAN THAILAND TAHUN 2018-2022 ispublished: pub subjects: 300 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini membahas terkait perbandingan implementasi ekonomi sirkular oleh The Coca-Cola Company di Indonesia dan Thailand dalam pencapaian SDGs selama periode 2018-2022. The Coca-Cola Company dinobatkan menjadi perusahaan produsen sampah plastik terburuk di dunia selama periode 2018-2022. Akan tetapi, selama periode tersebut pula, The Coca-Cola Company juga meluncurkan berbagai macam program inisiatif di berbagai negara dalam keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ekonomi sirkular oleh The Coca-Cola Company di Indonesia dan Thailand, serta membandingkan implementasi di kedua negara. Kedua negara, yakni Indonesia dan Thailand menduduki peringkat pertama dan kedua dalam konsumsi produk CocaCola terbanyak di ASEAN. Permasalahan di atas dikaji menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan komparatif. Dengan menggunakan teori eksternalitas dan konsep ekonomi sirkular, peneliti menganalisis bagaimana output yang dihasilkan terkait implementasi ekonomi sirkular oleh perusahaan di kedua negara. Data dikumpulkan melalui studi literatur, dokumen resmi, laporan, dan situs resmi perusahaan, serta jurnal dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Hasil perbandingan implementasi Coca-Cola di kedua negara menunjukkan adanya pendekatan yang berbeda dengan upaya dan tujuan yang sama. Di Indonesia, Coca-Cola lebih berfokus pada pemberdayaan sosial dan optimalisasi bank sampah. Di Thailand, Coca-Cola lebih menekankan pada inisiatif daur ulang yang terstruktur dengan kemitraan. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi ekonomi sirkular oleh The Coca-Cola Company harus menyesuaikan faktor internal seperti kondisi lokal, peran aktor, dan kebijakan pemerintah, yang dapat memengaruhi upaya keberlanjutan Kata Kunci: Sustainable Development Goals, The Coca-Cola Company, perusahaan multinasional, ekonomi sirkular, Indonesia, Thailand, ASEAN date: 2025-02-14 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: FERDY , IRAWAN (2025) PERBANDINGAN IMPLEMENTASI EKONOMI SIRKULAR OLEH THE COCA-COLA COMPANY TERHADAP PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI INDONESIA DAN THAILAND TAHUN 2018-2022. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/86379/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86379/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86379/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf