TY - THES ID - eprints86382 UR - http://digilib.unila.ac.id/86382/ A1 - M. NAZALI ROMADHON, HAFILD Y1 - 2025/03/04/ N2 - Permasalahan yang ditemukan oleh peneliti dalam pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar masih rendahnya literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi peserta didik. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan, didapatkan temuan terbatasnya bahan ajar yang tersedia disekolah yang dapat meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis STEAM-PjBL untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian Embedded experimental method. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D yang terdiri define, design, development dan disseminate. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) angket; (2) observasi; (3) soal; (4) Instrumen asesmen kinerja; (5) pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data campuran atau mixed method. Penelitian ini menghasilkan LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL yang dapat meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi. Hasil uji validasi yang dilakukan LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL dinyatakan valid baik dari segi media, bahasa maupun materi. Hasil uji kepraktisan dan kelayakan dinyatakan bahwa LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL praktis untuk digunakan. Sedangkan hasil uji efektivitas yang dilakukan didapat temuan bahwa LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi dinyatakan efektif. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERBASIS STEAM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS IV SD AV - restricted EP - 122 ER -