TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints864 UR - http://digilib.unila.ac.id/864/ A1 - Selo, Afip Firmansyah Y1 - 2013/04/16/ N2 - Penelitian pendahuluan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ketapang, diketahui beberapa faktor yang diindikasikan sebagai penyebab rendahnya nilai ujian sejarah semester yang lalu, salah satunya adalah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang karena pelajaran sejarah terkesan hanya hafalan. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan cara mencoba memvariasikan model pembelajaran yang lain. Dalam penelitian ini dipilih model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Snowball Throwing (ST). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diajar menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dan Snowball Throwing (ST) serta membandingkan motivasi belajar siswa setelah diajar menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dan Snowball Throwing (ST). Desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X2 dan X3 di SMA Negeri 1 Ketapang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dengan akumulasi nilai rata-rata angket sebesar 84,25 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing (ST) dengan rata- rata nilai angket sebesar 81,62. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dibandingan dengan model pembelajaran Snowball Throwing (ST). PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PELAJARAN SEJARAH YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS X SMA N 1 KETAPANG TAHUN AJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -