?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PENERAPAN+E-MODUL+BERBASIS+GLIDEAPPS%0D%0ATERHADAP+HASIL+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+KELAS+XI%0D%0ASMAN+1+PRINGSEWU+TAHUN+AJARAN+2024%2F2025&rft.creator=SALSABILA+%2C+ARDILA+ZAHRA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=900+Sejarah+dan+Geografi&rft.description=Penyesuaian+media+pembelajaran+di+sekolah+dengan+perkembangan+zaman+dan%0D%0Ateknologi+merupakan+suatu+keharusan.+Variasi+media+pembelajaran+yang+terbatas+di%0D%0Asekolah+berpotensi+menurunkan+efektivitas+proses+belajar%2C+sehingga+memengaruhi%0D%0Ahasil+belajar+peserta+didik.+Penelitian+didasarkan+pada+permasalahan+pembelajaran%0D%0Akonvensional+yang+kurang+efektif+karena+guru+cenderung+hanya+memanfaatkan%0D%0Abuku+cetak+sebagai+media+pembelajaran+di+kelas.+Tujuan+penelitian+yaitu%0D%0Amengetahui+hasil+belajar+geografi+antara+kelas+yang+diterapkan+e-Modul+berbasis%0D%0AGlideApps+dan+kelas+yang+menggunakan+modul+konvensional%2C+serta+untuk%0D%0Amengetahui+efektivitas+penggunaan+e-Modul+berbasis+GlideApps+pada%0D%0Apembelajaran+geografi+kelas+XI.+Lokasi+penelitian+berada+di+SMA+Negeri+1%0D%0APringsewu.%0D%0APenelitian+menggunakan+jenis+eksperimen+yang+dikenal+sebagai+Quasi%0D%0AExperimental+Design+dengan+desain+eksperimen+berupa+Nonequivalent+Control%0D%0AGroup+Design+berbentuk+Pretest-Posttest+Control+Group+Design.+Pemilihan+sampel%0D%0Amenggunakan+teknik+purposive+sampling+dengan+hasil+kelas+XI+F8+sebagai+kelas%0D%0Akontrol+dan+kelas+XI+F1+sebagai+kelas+eksperimen.+Teknik+analisis+data+untuk%0D%0Amenguji+hipotesis+penelitian+menggunakan+uji+Mann-Whitney+dan+uji+Wilcoxon%E2%80%99s+V.%0D%0AHasil+penelitian+didapatkan+bahwa+(1)+terdapat+perbedaan+hasil+belajar+geografi%0D%0Aantara+kelas+yang+diterapkan+e-Modul+berbasis+GlideApps+dengan+rata-rata+nilai%0D%0Asebesar+78%2C44+dan+kelas+yang+menggunakan+modul+konvensional+dengan+rata-rata%0D%0Anilai+58%2C00%2C+dengan+perbedaan+nilai+kedua+kelas+sebesar+20%2C44+dan+(2)+e-Modul%0D%0Aberbasis+GlideApps+dinyatakan+efektif+terhadap+hasil+belajar+geografi+di+kelas+XI%0D%0ASMAN+1+Pringsewu.%0D%0AKata+kunci%3A+efektivitas%2C+e-Modul%2C+GlideApps%2C+hasil+belajar%2C+geografi.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-03-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86460%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86460%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86460%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++SALSABILA+%2C+ARDILA+ZAHRA++(2025)+EFEKTIVITAS+PENERAPAN+E-MODUL+BERBASIS+GLIDEAPPS+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+KELAS+XI+SMAN+1+PRINGSEWU+TAHUN+AJARAN+2024%2F2025.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86460%2F