%A ARDILA ZAHRA SALSABILA %T EFEKTIVITAS PENERAPAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2024/2025 %X Penyesuaian media pembelajaran di sekolah dengan perkembangan zaman dan teknologi merupakan suatu keharusan. Variasi media pembelajaran yang terbatas di sekolah berpotensi menurunkan efektivitas proses belajar, sehingga memengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian didasarkan pada permasalahan pembelajaran konvensional yang kurang efektif karena guru cenderung hanya memanfaatkan buku cetak sebagai media pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hasil belajar geografi antara kelas yang diterapkan e-Modul berbasis GlideApps dan kelas yang menggunakan modul konvensional, serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-Modul berbasis GlideApps pada pembelajaran geografi kelas XI. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 1 Pringsewu. Penelitian menggunakan jenis eksperimen yang dikenal sebagai Quasi Experimental Design dengan desain eksperimen berupa Nonequivalent Control Group Design berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil kelas XI F8 sebagai kelas kontrol dan kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Wilcoxon?s V. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang diterapkan e-Modul berbasis GlideApps dengan rata-rata nilai sebesar 78,44 dan kelas yang menggunakan modul konvensional dengan rata-rata nilai 58,00, dengan perbedaan nilai kedua kelas sebesar 20,44 dan (2) e-Modul berbasis GlideApps dinyatakan efektif terhadap hasil belajar geografi di kelas XI SMAN 1 Pringsewu. Kata kunci: efektivitas, e-Modul, GlideApps, hasil belajar, geografi. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints86460