TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints8648 UR - http://digilib.unila.ac.id/8648/ A1 - Taal, 0913068020 Y1 - 2011/11/22/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian alat bantu pembelajaran berupa : Tali karet dan Tangga modifikasi serta Kardus rintangan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari cepat (sprint) pada siswa kelas V.A di SD. Negeri 1 Bakung Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kaji tindak (Action Research), yaitu putaran bersepiral (Self Reflective Spiral) yang dirancang secara: (a) Rencana tindakan, (b) Pelaksanaan tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dari siklus pertama dan seterusnya hanya bersifat mengulang dan merubah alat bantu dari siklus sebelumnya. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A. di SD Negeri 1 Bakung Bandar Lampung dengan jumlah siswa 36 orang, terdiri dari 17 siswa putra dan 19 siswa putri, dengan pertimbangan bahwa kelas tersebut merupakan kelas yang dikategorikan rendah terhadap pembelajaran gerak dasar lari cepat (sprint) . Hasil Tes awal sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai ?65 adalah sebanyak 10 siswa yaitu 6 siswa putra dan 4 siswa putri atau sebesar 27,78 % Kemudian setelah diadakan tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing siklus terdapat peningkatan, yaitu: Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ?65 sebanyak 13 siswa yaitu 7 siswa putra dan 6 siswa putri atau 36,11%. Ada peningkatan sebesar 8,33 % dibandingkan pada tes awal atau sebelum tindakan. Kemudian pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ?65 sebanyak 19 siswa yaitu 9 siswa putra dan 10 siswa putri atau 52,78 % ada penipngkatan sebesar 16,67 % dibanding pada siklus I. Sedangkan pada siklus III siswa yang memperoleh nilai ?65 sebanyak 34 siswa yaitu 16 siswa putra dan 18 siswa putri atau 94,44%. Berarti ada peningkatan sebesar 41,66 % dibandingkan pada siklus II Perhitungan akhir dari tes awal atau sebelum tindakan ke siklus III adalah 66,66 % Bila hasil perhitungan meningkat atau mencapai 50 % ke atas maka tindakan yang dilakukan dinyatakan efektif. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari cepat (sprint) pada siswa kelas V.A di SD. Negeri 1 Bakung Telukbetung Barat Bandar Lampung PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI PADA LARI CEPAT MELALUI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V.A DI SD. NEGERI. 1 BAKUNG BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -