@misc{eprints86494, month = {April}, title = {PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI LAMPUNG DENGAN METODE PEMBELAJARAN BRAIN DANCE DI SD NEGERI 2 BERINGIN RAYA BANDAR LAMPUNG }, author = {PUSPITA SARI DESY }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/86494/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan metode pembelajaran Brain Dance di SD Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Objek penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan metode pembelajaran Brain Dance. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri 2 Beringin Raya, yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari peserta didik kelas I dalam pembelajaran seni budaya. Proses kegiatan pembelajaran menggunakan metode Brain Dance terdapat 8 pola gerak yang dimodifikasi menyesuaikan gerak dasar tari Lampung yaitu tari Sigeh Penguten, tari Bedana dan tari Nyambai Kipas. Terdiri dari (Breath) pernafasan dalam ragam gerak Sembah dan Samber Melayang, (Tactile-Touch) sentuhan taktil dalam ragam gerak Lipeto, (Core-Distal) inti-distal dalam ragam gerak Gubugh Gakhang, (Head-Tile) kepala-kaki dalam ragam Khesek Injing, (UpperLower) atas-bawah dalam ragam geram mampang kapas, (Body-Halt) tubuh terhenti dalam ragam gerak Ngerujung, (Cross-Literal) melintang silang dalam ragam gerak Ayun, dan (Vestibular) Ruang depan dalam ragam gerak Geleg. Hasil pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan metode pembelajaran Brain Dance peserta didik mendapatkan nilai 75,87 dengan kriteria penilaian pada kategori penilaian baik. Kata kunci: metode brain dance, pembelajaran, gerak dasar tari Lampung. } }