%A MARINDA FERSYLIA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 GONDANGREJO %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gondangrejo. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VA dan VB yang berjumlah 47 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus regresi linear sederhana dan menunjukkan hasil nilai Fhitung ? Ftabel (8,96 ? 4,30) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasilnya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gondangrejo. Kata kunci: hasil belajar, IPAS, model pembelajaran inkuiri terbimbing ABSTRACT The problem in this study is the low learning outcomes of grade V students of SD Negeri 2 Gondangrejo. This study aims to determine the influence of the guided inquiry learning model on the learning outcomes of science students in grade V of SD Negeri 2 Gondangrejo. The method in this study uses a quasi-experiment method (quasi experiment design) with a non-equivalent control group design. The population of this study is all students of VA and VB classes totaling 47 students. The determination of the research sample uses the purposive sampling technique, namely sampling with certain considerations. The data collection techniques in this study used test and non-test techniques. The analysis of the data was used using a simple linear regression formula and showed the results of the Fcal ? Ftable values (8.96 ? 4.30) so that it can be concluded that the result is the influence of the guided inquiry learning model on the learning outcomes of science science students in grade V of SD Negeri 2 Gondangrejo. Key words: learning outcomes, IPAS, guided inquiry learning model %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2113053127 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints86499