title: PENGARUH MODEL GAMES BASED LEARNING (GBL) BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR creator: YOZHA , FATONAH subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Games Based Learning (GBL) berbantuan Puzzle pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 54 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 36 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test, diperoleh nilai positif dan hasil dari uji korelasi menunjukkan kategori kuat sehingga dapat disimpulkan bahwa model Games Based Learning berbantuan Puzzle berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Kata Kunci: games based learning, kemampuan berpikir kritis, matematika, puzzle The problem of this research is the low critical thinking skills of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Timur. This study aims to determine the effect of Games Based Learning (GBL) assisted by Puzzle in learning Mathematics on students' critical thinking skills. The research method used a quasi experiment design with a non-equivalent control group design. The population of this study were all fourth grade students totaling 54 students. Determination of the research sample using purposive sampling technique, namely sampling with certain considerations with a total of 36 students. Data collection techniques using observation, interviews, documentation, and tests. Hypothesis testing using t-test, obtained a positive value and the results of the correlation test showed a strong category so that it can be concluded that the Games Based Learning model assisted by Puzzle has an effect on the critical thinking skills of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Timur. Keywords: critical thinking ability, games based learning, mathematics, puzzle publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-12-18 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86513/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86513/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86513/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: YOZHA , FATONAH (2024) PENGARUH MODEL GAMES BASED LEARNING (GBL) BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86513/