?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP%0D%0AKEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+DAN+MOTIVASI+BELAJAR%0D%0APESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM%0D%0ABERORIENTASI+SDGs&rft.creator=MARISKY%2C++CATUR+RIYANTI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+dari+penerapan+model+PBL%0D%0Apada+materi+perubahan+iklim+berorientasi+SDGs+terhadap+kemampuan+literasi%0D%0Asains+dan+motivasi+belajar+peserta+didik.+Jenis+penelitian+yang+digunakan+ialah%0D%0Aquasi+eksperimen.+Sampel+penelitian+terdiri+dari+dua+kelompok+yang+dipilih%0D%0Adengan+teknik+Purposive+Sampling.+Penelitian+ini+menggunakan+desain+PretestPosttest+Nonequivalent+Control+Group.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa%0D%0Apenerapan+model+PBL+pada+materi+perubahan+iklim+berorientasi+SDGs%0D%0Aberpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+kemampuan+literasi+sains+dan%0D%0Amotivasi+belajar%2C+dengan+rata-rata+N-Gain+kelompok+eksperimen+sebesar+0%2C55%0D%0A(sedang)%2C+lebih+tinggi+dibandingkan+kelompok+kontrol+dengan+rata-rata+N-Gain%0D%0A0%2C36+(rendah).+Dilakukan+juga+uji+pengaruh+(effect+size)+yang+menunjukkan+nilai%0D%0A0%2C63+dengan+interpretasi+efekticitas+besar.+Hasil+perhitungan+motivasi+belajar%0D%0Akelompok+eksperimen+memperoleh+persentase+rata-rata+82%2C00+(sedang)%2C+lebih%0D%0Atinggi+dibandingkan+dengan+kelompok+kontrol+74%2C63+(rendah).+Hasil+uji+korelasi%0D%0Amenunjukkan+bahwa+terdapat+hubungan+antara+keterampilan+literasi+sains+dengan%0D%0Amotivasi+belajar+peserta+didik+dengan+nilai+signifikansi+sebesar+0%2C00.+Dengan%0D%0Ademikian+pembelajaran+dengan+model+PBL+pada+materi+perubahan+iklim%0D%0Aberorientasi+SDGs+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+peningkatan%0D%0Akemampuan+literasi+sains+dan+terdapat+perbedaan+pada+motivasi+belajar+peserta%0D%0Adidik+serta+terdapat+hubungan+antara+kedua+variabel+tersebut.%0D%0AKata+Kunci%3A+Problem+Based+Learning%2C+Literasi+Sains%2C+Motivasi+Belajar%2C+SDGs&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-04-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86518%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86518%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86518%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++MARISKY%2C+CATUR+RIYANTI++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+DAN+MOTIVASI+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM+BERORIENTASI+SDGs.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86518%2F