%A Nur Syofiyah Ummi %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pringsewu tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil meng- gunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan kelas ekperimen menggunakan model discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Data penelitian dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai n-gain penguasaan konsep kelas kontrol dan kelas ekperimen serta rata-rata n-gain penguasaan konsep kelas ekperimen ber- kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: discovery learning, penguasaan konsep, larutan penyangga %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints86560