TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints86561 UR - http://digilib.unila.ac.id/86561/ A1 - Safira, Pakita Raja Y1 - 2024/05/16/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 untuk melatih berpikir kritis. Penilaian kevalidan produk terdiri dari aspek penilaian media dan desain serta aspek penilaian materi dan konstruk dengan hasil skor rata-rata keseluruhan 85% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk dinilai dari dua aspek yaitu keterbacaan dan uji persepsi guru dengan memperoleh presentase rata-rata keseluruhan sebesar 97,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis hasil data disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan media pembelajaran interaktif materi alat ukur menggunalan Adobe Flash CS6 telah valid dan praktis untuk melatih berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Adobe Flash CS6, Alat Ukur, Berpikir Kritis, Media Pembelajaran Interaktif PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI ALAT UKUR UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 AV - restricted ER -