title: PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS POE UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK creator: Ragil , Putra Aditama subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum digital konversi panas menjadi energi listrik yang valid dan praktis untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Prosedur pengembangan pada penelitian ini yaitu model Design and Development Research (DDR) diadaptasi dari Richey and Klein (2007). Produk yang dikembang dalam penelitian ini adalah panduan praktikum konversi panas menjadi energi listrik untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian yang dilakukan sampai pada tahap uji coba skala kecil. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa panduan praktikum digital yang dikembangkan memiliki validitas tinggi yang ditunjukkan dengan nilai rata- rata persentase validasi ahli sebesar 93,58%. Panduan praktikum digital yang dikembangkan valid yang ditunjukkan dengan rata-rata persentase hasil uji persepsi guru sebesar 94,15%, rata-rata persentase hasil uji keterbacaan sebesar 91,75% dan rata-rata persentase respon positif peserta didik sebesar 94,85%. Kata kunci: panduan praktikum digital, keterampilan berpikir kreatif, konversi panas publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-06-05 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86563/1/ABSTRAK%20-%20RAGIL%20PUTRA%20ADITAMA%20-%20Ragil%20Putra%20Aditama.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86563/2/FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN%20%26%20LAMPIRAN%20-%20RAGIL%20PUTRA%20ADITAMA%20-%20Ragil%20Putra%20Aditama.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86563/3/FULL%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20RAGIL%20PUTRA%20ADITAMA%20-%20Ragil%20Putra%20Aditama.pdf identifier: Ragil , Putra Aditama (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS POE UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86563/