%0 Generic %A ZULIA , NATASYA SHOFI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86567 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN VIDEO MICROLEARNING UNTUK MENSTIMULUS SUSTAINABILITY LITERACY PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF BAGI SISWA SMA KELAS X %U http://digilib.unila.ac.id/86567/ %X Pendidikan menjadi kunci utama dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi perubahan, serta berperan secara kolektif dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video microlearning yang valid dan terbaca untuk menstimulus keterampilan sustainabily literacy pada materi energi alternatif. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Desain and Development Reearch (DDR) yang diadaptasi dari Richey & Klien (2007) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, dan uji keterbacaan. Pada hasil uji validitas didapatkan rata-rata nilai ketiga validator 87,8%, degan rata-rata validasi materi diperoleh sebesar 87,1% dengan kategori sangat valid dan validasi media diperoleh sebesar 88,5% yang terdiri dari pembelajaran, desain, dan media dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan diperoleh sebesar 83,8% yang terdiri dari kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan dalam penggunaan video microlearning, pengetahuan pemahaman, kemampuan berkomunikasi, menghargai dan peduli terhadap kehidupan bermasyarakat saat ini dan di masa yang akan datang, pemikiran yang berorientasi masa depan dan strategis, perilaku, serta keterbukaan, pemikiran global, dan tanggung jawab dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Video Microlearning, Keterampilan Sustainability Literacy