TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints86596 UR - http://digilib.unila.ac.id/86596/ A1 - Suci , Insyira Abbas Y1 - 2024/05/30/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan P5 di SMPN1 Menggala sebagai upaya dalam membentuk karakter peserta didik agar menjadi warga negara yang baik. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penting penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran bagi peserta didik agar menjadi warga negara yang baik serta membentuk karakter profil pelajar pancasila. Hasil analisis dari pengolahan data yang dilakukan diketahui bahwa SMPN 1 Menggala telah melaksanakan P5 yang terdiri dari dua kategori yaitu yang pertama di tahun 2022 dengan kategori mandiri belajar yang terdiri dari dua indikator yakni kearifan lokal dan kewirausahaan, dengan tema yaitu sulaman tapis dan pembuatan telur asin. Sedangkan pada kategori kedua yaitu mandiri berubah, dengan mengusung dua tema yakni eksplorasi singkong dan kesepakatan kelas. Pada kategori pertama dengan indikator, yaitu kearifan lokal dengan tema pembuatan sulaman tapis dan kewirausahaan dengan tema pembuatan telur asin belum sepenuhnya berjalan dengan baik dikarenakan P5 merupakan program terbaru dan pertama kali dilaksanakan di SMPN 1 Menggala sehingga siswa belum mengetahui tujuan dari pelaksanaan P5 yang mereka lakukan. Kemudian memasuki tahun 2023 kategori mandiri berubah, kegiatan P5 telah berjalan dengan baik pada indikator suara demokrasi tema kesepakatan kelas dan kewirausahaan tema eksplorasi singkong. Dengan melaksanakan kegiatan projek, telah meningkatkan kompetensi guru serta pengembangan terhadap kurikulum (penilaian dan evaluasi). Sedangkan kepada peserta didik kegiatan P5 mampu membentuk karakter profil pelajar pancasila seperti meningkatnya sikap tanggung jawab, mandiri, kreatif, peduli dan lain-lainnya. Selama melaksanakan penelitian diketahui terdapat faktor pendukung dan penghambat penerapan P5 yakni faktor pendukung seperti kebijakan sekolah, kemampuan guru, fasilitas sekolah dan lingkungan belajar peserta didik. Sementara faktor penghambat berupa kesulitan guru untuk memahami program P5 keterbatasan kemampuan guru dan keterbatasan kemampuan guru. Kata Kunci : Penerapan P5, Tahapan P5 Faktor pendukung dan Penghambat. The aim of this research is to determine the implementation of P5 activities at SMPN1 Menggala as an effort to shape the character of students so they become good citizens. The type of research used is qualitative descriptive research using interviews, observation and documentation. It is important that this research is carried out to increase awareness for students to become good citizens and to form the character profile of Pancasila students. The results of the analysis from the data processing carried out show that SMPN 1 Menggala has implemented P5 which consists of two categories, namely the first in 2022 with the independent learning category which consists of two indicators, namely local wisdom and entrepreneurship, with themes namely tapis embroidery and making salted eggs. . Meanwhile, the second category is independent change, with two themes, namely cassava exploration and class agreement. In the first category with indicators, namely local wisdom with the theme of making tapis embroidery and entrepreneurship with the theme of making salted eggs, it has not fully run well because P5 is the newest program and is being implemented for the first time at SMPN 1 Menggala so students do not yet know the purpose of implementing the P5 that they are doing. Then entering 2023 the independent category changes, P5 activities have run well on the indicators of democratic voice on the theme of class agreement and entrepreneurship on the theme of cassava exploration. By carrying out project activities, teacher competence has increased as well as curriculum development (assessment and evaluation). Meanwhile, for students, P5 activities are able to form the character profile of Pancasila students, such as increasing attitudes of responsibility, independence, creativity, caring and so on. During the research, it was discovered that there were supporting and inhibiting factors for implementing P5, namely supporting factors such as school policies, teacher abilities, school facilities and student learning environment. Meanwhile, inhibiting factors include teachers' difficulties in understanding the P5 program, limited teacher abilities and limited teacher abilities. Keywords: Implementation of P5, P5 Stages Supporting and Inhibiting Factors PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 1 MENGGALA TAHUN 2023 AV - restricted ER -