@misc{eprints86598, month = {Mei}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS}, author = {Margareta Lubay Olga }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/86598/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan menganalisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Bandarlampung Tahun Ajaran 2023/2024, dengan menggunakan teknik purposive sampling didapatkan kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 7 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini mengguna- kan the matching only pretest and posttest control group design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menghitung rata-rata n-gain keterampilan mengana- lisis di kedua kelas penelitian, di samping itu juga dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan menganalisis di kelas eksperimen berkategori tinggi, dan skor rata-rata postes keterampilan menganalisis di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan menganalisis. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, laju reaksi, keterampilan menganalisis. This study aims to describe the effectiveness of the guided inquiry learning model on reaction rate material in improving analysis skills. The population in this study were all students in grade XI at SMA Negeri 13 Bandarlampung in the 2023/2024 academic year, using purposive sampling technique obtained grade XI 6 as the experimental class and grade XI 7 as the control class. This study used the matching only pretest and posttest control group design. The data obtained were analyzed by calculating the average n-gain of analyzing skills in both research classes, in addition, hypothesis testing was also carried out using the t-test. The results showed that the n-gain of analyzing skills in the experimental class was high, and the average score of posttest analyzing skills in the experimental class was higher than in the control class. Based on the research results, it is concluded that the guided inquiry learning model on reaction rate material is effective in improving analyzing skills. Keywords: guided inquiry learning model, reaction rate, analyzing skill.} }