title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS creator: SHOLEA, MUTIARA subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learningpembelajaran fluida dinamis terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Menggala. Sampel diambil dengan teknikcluster random sampling dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Analisis data diuji menggunakan analisis n-gain, uji independent sample t-test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,75 Dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil dari uji independent sample t-test,asymp. sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size diperoleh nilai cohen's sebesar 1,63 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan model PBLmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci:Problem Based Learning, Fluida Dinamis, Kemampuan Berpikir Kritis. publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-07-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86602/1/1%20Abstrak%20Skripsi_Sholea%20Mutiara%20-%20sholea%20mutiara.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86602/2/3%20Skripsi%20Ful%20Tanpa%20Lampiran%20-%20sholea%20mutiara.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86602/3/2%20Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan%20%282%29%20-%20sholea%20mutiara.pdf identifier: SHOLEA, MUTIARA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86602/