%0 Generic %A DELA , NOWINDA CITRA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86613 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/86613/ %X Masalah pada penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V SDN 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V SDN 2 Metro Selatan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian non equivalent control group design dan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 2 Metro Selatan dengan jumlah 50 orang peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel 50 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: berpikir kritis, inkuiri terbimbing The problem in the research is the low critical thinking ability of science grade V students at SDN 2 Metro Selatan. The aim of this research is to determine the effect of the guided inquiry model on the science critical thinking abilities of grade V students at SDN 2 Metro Selatan. The method in this research uses a quasi-experimental method with a non-equivalent control group design and quantitative research type. The population of this study was all class V students at SDN 2 Metro Selatan with a total of 50 students. Sampling used a saturated sampling technique with a sample of 50 students. Data collection techniques use tests and observations. Data were analyzed using a simple linear regression test. The results of this research show that there is a significant influence on the application of the guided inquiry learning model on the science critical thinking abilities of grade V students at SD Negeri 2 Metro Selatan for the 2023/2024 academic year. Keywords: critical thinking, guided inquiry