%0 Generic %A SYIFA , AZZAHRA RIYADI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:86625 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 1 JATI INDAH %U http://digilib.unila.ac.id/86625/ %X Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar pada Pendidikan Pancasila kelas V di SDN 1 Jati Indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Problem Based Learning berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi exprerimental desaign dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 104 peserta didik, sampel sebanyak 52 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian adalah terdapat nilai thitung > ttabel (30,455 > 4,23) dengan interpretasi bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik pada Pendidikan Pancasila kelas V di SDN 1 Jati Indah. Kata Kunci: hasil belajar, pendidikan pancasila, problem based learning, wordwall