<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG"^^ . "Fakta empris menunjukkan bahwa buku pedoman ekonomi digunakan hanya terbatas \r\npada pengajaran materi untuk menanamkan pengetahuan kepada peserta didik, \r\nsehingga kemampuan peserta didik untuk berpikir logis, kritis, rasional dan \r\nmenciptakan pengetahuan masih tergolong rendah sehingga perlu dikembangkan \r\nsumber belajar lainnya yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini \r\nbertujuan untuk (1) menganalisis potensi dan kondisi, (2) proses pengembangan \r\nkarakteristik e-modul, (3) efektivitas pengembangan e-modul, (4) efisiensi \r\npenggunaan e-modul (5) kemenarikan pengembangan media e-modul. Penelitian ini \r\nmenggunakan model pengembangan Dick & Carey yang proses pengembangannya \r\nhanya sampai pada tahap 9. Penelitian ini menggunakan 30 sampel peserta didik \r\nkelas XII SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data \r\nmenggunakan dokumentasi, kuesioner, angket, instrumen non tes dan tes. Hasil \r\npenelitian diketahui (1) kebutuhan pengembangan produk sebagai media \r\npembelajaran didukung juga dengan karakteristik guru dan peserta didik yang \r\nmembutuhkan media belajar berbasis digital; (2) pengembangan produk dilakukan \r\nberdasarkan analisis kebutuhan awal pembelajaran akuntansi. Pengembangan media \r\nmenggunakan model penelitian pengembangan Dick and Carey. Media. \r\npembelajaran berbasis e-modul mampu meningkatkan kemampuan untuk memahami \r\nkonsep lebih baik dan memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif \r\nseperti memunculkan kreativitas, logika, mengambil keputusan dan belajar lebih \r\nefektif; (3) Karakteristik E-modul menyajikan masalah-masalah nyata yang relevan \r\ndengan kehidupan sehari-hari siswa, masalah yang disajikan cukup kompleks untuk \r\nmenantang dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis (4) ada pengaruh \r\nefektivitas pengembangan e-modul untuk meningkatkan keterampilan berpikir \r\ntingkat tinggi dengan hasil uji tes N-Gain mendapatkan skor rata-rata (g) ≥ 0,70 \r\ndengan tingkat efektivitas tinggi. Sedangkan hipotesis pengembangan menunjukkan \r\n0,000 < 0,05 ; (5) Kemenarikan pengembangan produk mendapatkan hasil rata-rata \r\n91,8%; Secara keseluruhan, e-modul berbasis PBL menciptakan lingkungan belajar \r\nyang menantang dan kaya konteks. \r\nKata Kunci : \r\nPengembangan Media E-Modul, Problem Based Learning, \r\nKeterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Persamaan Akuntansi SMA \r\n\r\nEconomic handbooks are used only limited to teaching material to instil knowledge \r\nto students, so that the ability of students to think logically, critically, rationally and \r\ncreate knowledge is still relatively low so it is necessary to develop other learning \r\nresources that are in accordance with the characteristics of students. This study aims \r\nto (1) analyse the potential and conditions, (2) the process of developing e-module \r\ncharacteristics, (3) the effectiveness of e-module development, (4) the efficiency of e\r\nmodule use (5) the attractiveness of e-module media development . This research \r\nuses the Dick & Carey development model whose development process only reaches \r\nstage 9. This study used 30 samples of class XII students of SMA Perintis 2 Bandar \r\nLampung. Data collection methods used documentation, questionnaires, \r\nquestionnaires, non-test instruments and tests. The results of the study found (1) the \r\nneed for product development as learning media is also supported by the \r\ncharacteristics of teachers and students who need digital-based learning-based \r\nmedia; (2) product development is carried out based on the initial needs analysis of \r\naccounting learning. E-module-based learning is able to improve the ability to \r\nunderstand concepts better and allows to improve cognitive abilities such as \r\nbringing up creativity, logic, making decisions and learning more effectively; (3) E\r\nmodule characteristics present real problems that are relevant to students' daily \r\nlives, the problems presented are complex enough to challenge and encourage \r\nstudents to think critically and analytically (4) there is an effect of the effectiveness \r\nof e-module development to improve higher-level thinking skills with the results of \r\nthe N-Gain test test getting an average score (g) ≥ 0.70 with a high level of \r\neffectiveness. While the development hypothesis shows 0.000 <0.05 (5) The \r\nattractiveness of product development gets an average result of 91.8%. Overall, \r\nPBL-based e-modules create a challenging and context rich learning environment. \r\nKeywords : \r\nE-Module Media Development, Problem Based Learning, \r\nHigher Level Thinking Skills, High School Accounting \r\nEquations"^^ . "2024-05-30" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG "^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG "^^ . . . . . . . . . "-"^^ . "\tMaria\t"^^ . "- \tMaria\t"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK_MARIA -.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "Tesis Tanpa Pembahasan_Maria_Magsiter Teknologi Pendidikan -.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \r\nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \r\nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \r\nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #86627 \n\nPENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED \nLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN \nBERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA \nMATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR \nAKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 \nBANDAR LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "600 Teknologi (ilmu terapan)" . .