%0 Generic %A 0443021039, Syahyori Aprinsyah %D 2011 %F eprints:8663 %T MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) (Studi Pada Kelas IV B Semester Genap MI Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 ) %U http://digilib.unila.ac.id/8663/ %X Proses pembelajaran yang diterapkan guru di kelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa imbas dari pembelajaran belum optimal. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B MI Ismaria Al-Qur’anniyah. Alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik. Faktor yang diteliti aktivitas dan hasil belajar matematika. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Syahyori Aprinsyah Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas IV B pada Semester Genap MI Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengelolahan pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik yang semakin baik akan berimbas pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas IV B MI Ismaria Al-Qur’anniyyah Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010. Kata kunci : Pendekatan Matematika Realistik (PMR), aktivitas siswa, hasil belajar matematika