%A Fahira Anissa %T EVALUASI PEMBELAJARAN SEKOLAH KEPOLISIAN NEGARA (SPN) POLDA LAMPUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 %X Keppres Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non alam Penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) Menetapkan bahwa penyebaran COVID- 19 sebagai bencana nasional. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan penyebaran virus yang cepat dan meluas, menimbulkan korban jiwa, kerugian harta benda, serta dampak psikologis yang signifikan di masyarakat. Sehingga sesuai edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa pembelajaran harus dilakukan secara daring atau jarak jauh termasuk pada Sekolah Polisi Negara Polda Lampung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pembelajaran pada SPN Polda Lampung di masa pandemi serta mengidentifikasi faktor penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teori Daniel Stufflebum yaitu CIPP (Context, Input Process, Product). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat teridentifikasi aspek konteks, aspek input, aspek proses dan aspek produk. Hasil dari analisis yang dilakukan penulis bahwa SPN dalam melakukan pembelajaran di masa covid melakukan 2 teknis pembelajaran yaitu Pembelajaran Jarak Jauh serta Pembelajaran tatap muka dengan sistem 50:50. Dilihat dari ke 4 indikator CIPP pembelajaran dilaksanakan dengan baik dan terstruktur, hanya saja ada beberapa faktor penghambat seperti Kendala sinyal serta pemahaman materi sisa Sekolah Polisi Negara Polda Lampung. Peran Sekolah Polisi Negara Polda Lampung sangat penting untuk tetap meningkatkan ketercapainnya sistem pembelajaran siswa SPN Polda Lampung. Kata kunci: Evaluasi, Pembelajaran jarak jauh, SPN Polda, Metode CIPP Presidential Decree Number 12 of 2020 concerning Determining Non-natural Disasters for the Spread of Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) states that Determining the spread of COVID-19 as a national disaster. This decision was taken taking into account the rapid and widespread spread of the virus, causing casualties, property losses, and significant psychological impacts on society. So according to the circular from the Minister of Education and Culture, it is stated that learning must be carried out online or remotely, including at the SPN Polda Lampung. The aim of this research is to evaluate the learning system at SPN Polda Lampung during the pandemic and identify inhibiting factors. . The method used is qualitative with Daniel Stufflebum's theory, namely CIPP (Context, Input Process, Product). Data collection techniques include interviews, observation and documentation. Based on the results of data analysis and discussion, context aspects, input aspects, process aspects and product aspects can be identified. The results of the analysis carried out by the author show that SPN in conducting learning during the Covid era carried out 2 learning techniques, namely distance learning and face-to-face learning with a 50:50 system. Judging from the 4 CIPP indicators, learning is carried out well and structured, it's just that there are several inhibiting factors such as signal problems and understanding the remaining material of the SPN Polda Lampung. The role of SPN Polda Lampung is very important to continue to improve the achievement of the SPN Polda Lampung student learning system. Keywords: Evaluation, distance learning, SPN Polda, CIPP method %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints86634