%0 Generic %A Ketut , Agus Setiawan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86637 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PERAN GURU PPKN TERHADAP PENANAMAN NILAI- NILAI MULTIKULTURALISME PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 NEGERI AGUNG %U http://digilib.unila.ac.id/86637/ %X Guru merupakan komponen penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal ini guru memiliki peran penting dalam membentuk kualitas dalam diri peserta didik yang melingkupi pemantapan ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif sehingga terwujudnya siswa yang cerdas dan berkarakter. Selain itu, guru harus mampu menyiapkan sistem belajar yang baik sehingga mampu menunjang terwujudnya pendidikan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran guru PPKn terhadap penanaman nilai-nilai multikulturalisme kepada peserta didik di SMP Negeri 4 Negeri Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik SMP Negeri 4 Negeri Agung yang berjumlah 61 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menyatakan peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme kepada peserta didik di SMP Negeri 4 Negeri Agung adalah berperan, dapat dilihat dari persentase peran guru dan penanaman nilai-nilai multikulturalisme sebanyak 36% menyatakan kategori berperan. Kata Kunci: Guru PPKn, Peserta Didik, Multikulturalisme Teachers are an important component in improving the quality of education. In this case, teachers have an important role in shaping the qualities within the pupils that cover the observance of cognitive, psychomotor, and affective realms so that students become intelligent and characterized. In addition, teachers must be able to prepare a good learning system so that it can support the realization of quality education. This study is aimed at analyzing the influence of the role of PPKn teachers on the cultivation of multiculturalism values on pupils in the 4th State High School. The method of research used is quantitative descriptive with the subject of research of pupils of 4th state High School with a total of 61 respondents. Data collection techniques are carried out using lifts, documentation and observation. The results of the research stated that the role of PPKn teachers in instilling the values of multiculturalism to pupils in the State High School 4 State Agung is a role, can be seen from the percentage of role of teachers and the cultivation of values multi-culturalism as much as 36% stated the category of role. Keywords: PPKn Teacher, Students, Multiculturalism