creators_name: Alia , Apdi Ning Tyas creators_id: 2053032010 type: other datestamp: 2025-05-06 08:09:03 lastmod: 2025-05-06 08:09:03 metadata_visibility: show title: PENGARUH SOCIAL EMOTIONAL TERHADAP BULLYING PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Social Emotional terhadap Bullying peserta didik di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Sampel dalam penelitian berjumlah 43 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil peneitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Social Emotional terhadap Bullying Peserta Didik Di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah sebesar 33,3%. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwasanya Social Emotional memiliki pengaruh terhadap bullying peserta didik dapat dilihat yang menjadi korban bullying mengalami penurunan social emotional seperti berdampak pada penurunan prestasi akademik, siswa mengalami kecemasan dan bisa jadi depresi hingga tidak ingin bersekolah lagi. Oleh karena itu, apabila kasus bullying ini tidak ditangani dengan serius maka akan berpengaruh pada psikis korban dan rasa kepercayaan diri korban sehingga dapat mengganggu aktivitas belajar korban dan prestasinya menjadi menurun, misalnya korban menjadi malu pergi ke sekolah, merasa tertekan saat belajar sehingga berdampak pada prestasi belajarnya, psikis korban pun bisa terganggu seperti korban sudah tidak mulai percaya diri bahkan bisa terjadi depresi berat pada korban bila dia selalu mendapatkan perilaku bullying dari teman-temannya secara terus-menerus. Kata Kunci: Social Emotional, Bullying, Peserta Didik The purpose of this study was to determine and describe the effect of Social Emotional on Bullying students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The research method used in is descriptive method with quantitative approach. The research subjects were X grade students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The sample in the study amounted to 43 respondents. The results showed that there was an influence of Social Emotional on Bullying Students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Based on this, it can be said that Social Emotional has an influence on bullying students, it can be seen that victims of bullying experience a decrease in social emotional such as an impact on decreasing academic achievement, students experience anxiety and can be depressed until they don't want to go to school anymore. Therefore, if this bullying case is not handled seriously, it will affect the victim's psychology and self-confidence so that it can interfere with the victim's learning activities and his performance decreases, for example, the victim becomes embarrassed to go to school, feels depressed when studying so that it has an impact on his learning achievement, the victim's psychology can also be disturbed, such as the victim has not started to believe in himself and can even cause severe depression in the victim if he always gets bullying behavior from his friends continuously. Keywords: Social Emotional, Bullying, Students date: 2024-06-03 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Alia , Apdi Ning Tyas (2024) PENGARUH SOCIAL EMOTIONAL TERHADAP BULLYING PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/86645/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT%20-%20Alia%20Apdi%20Ning%20Tyas.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86645/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-Alia%20Apdi%20Ning%20Tyas.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86645/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-Alia%20Apdi%20Ning%20Tyas.pdf