%0 Generic %A PUTRI , SEPTIANI %C UNIVERISTAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86657 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/86657/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media Question Card terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII UPT SMP Negeri 2 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 256 siswa yang terdistribusi ke dalam 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII E yang masing-masing terdiri dari 32 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 diperoleh bahwa rata-rata skor gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media Question Card lebih tinggi daripada rata-rata skor gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media Question Card berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: missouri mathematics project, pemecahan masalah matematis, pengaruh, question card