?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP%0D%0A%0D%0APENINGKATAN+KEMAMPUAN+PENALARAN%0D%0A%0D%0AMATEMATIS+SISWA%0D%0A%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+IX+SMP+Negeri+1+Kalianda%0D%0ASemester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2023%2F2024)&rft.creator=RAMZI%2C+ABYAN&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=510+Matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Problem+Based%0D%0ALearning+terhadap+peningkatan+kemampuan+penalaran+matematis+siswa.+Populasi%0D%0Apada+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+IX+SMP+Negeri+1+Kalianda+semester%0D%0Aganjil+tahun+pelajaran+2023%2F2024+yang+terdistribusi+dalam+sepuluh+kelas+yaitu+IX.1%0D%0Asampai+IX.10+secara+heterogen.+Pengambilan+sampel+dilakukan+dengan+teknik%0D%0Acluster+random+sampling%2C+dan+terpilih+siswa+kelas+IX.1+sebanyak+30+siswa+sebagai%0D%0Akelas+eksperimen+dan+IX.2+sebanyak+30+siswa+sebagai+kelas+kontrol.+Desain%0D%0Apenelitian+yang+digunakan+adalah+pretest-posttest+control+group+design.+Data%0D%0Apenelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+tes+kemampuan+penalaran%0D%0Amatematis+siswa.+Berdasarkan+hasil+penelitian+dengan+uji+Mann-Whitney+U%0D%0Adiperoleh+bahwa+peningkatan+kemampuan+penalaran+matematis+siswa+pada+kelas%0D%0Aeksperimen+lebih+tinggi+daripada+peningkatan+kemampuan+penalaran+matematis%0D%0Asiswa+pada+kelas+kontrol.+Berdasarkan+hal+tersebut%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+model%0D%0AProblem+Based+Learning+berpengaruh+terhadap+peningkatan+kemampuan+penalaran%0D%0Amatematis+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+kemampuan+penalaran+matematis%2C+pengaruh%2C+problem+based+learning&rft.publisher=FAKULTAS+MATEMATIKA+DAN+ILMU+PENGETAHUAN+ALAM&rft.date=2024-07-25&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86664%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520Ramzi%2520Abyan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86664%2F2%2FSkripsi%2520Ramzi%2520-%2520Ramzi%2520Abyan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86664%2F3%2FSkripsi%2520Ramzi%2520Tanpa%2520Bab%2520Hasil%2520dan%2520Pembahasan%2520-%2520Ramzi%2520Abyan.pdf&rft.identifier=++RAMZI%2C+ABYAN++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+PENINGKATAN+KEMAMPUAN+PENALARAN+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+IX+SMP+Negeri+1+Kalianda+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2023%2F2024).++FAKULTAS+MATEMATIKA+DAN+ILMU+PENGETAHUAN+ALAM%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86664%2F