%0 Generic %A RAMZI, ABYAN %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86664 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalianda Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/86664/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalianda semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas yaitu IX.1 sampai IX.10 secara heterogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan terpilih siswa kelas IX.1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan IX.2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, pengaruh, problem based learning