@misc{eprints86665, month = {Juli}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)}, author = {OKTAVIYANI RILLA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/86665/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran dalam model generative learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 162 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Bintang yang terdistribusi ke dalam enam kelas yaitu VIII A hingga VIII F. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIII C dengan jumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and posttest control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan video pembelajaran dalam model generative learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model generative learning tanpa video pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan video pembelajaran dalam model generative learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Bintang. Kata kunci: generative learning, kemampuan komunikasi matematis, pengaruh, video pembelajaran. This study aims to determine the effect of using learning videos in the generative learning model on students' mathematical communication skills. The population in this study were 162 students of class VIII SMP Negeri 3 Tanjung Bintang who were distributed into six classes, namely VIII A to VIII F. The samples in this study were students of class VIII B with a total of 30 students and class VIII C with a total of 25 students selected by purposive sampling technique. The research design used was pretest and posttest control group design. Based on the results of the Mann- Whitney U test, it was concluded that the improvement in mathematical communication skills of students who used learning videos in the generative learning model was higher than the improvement in mathematical communication skills of students who followed the generative learning model without learning videos. The conclusion of this study is that the use of learning video in the generative learning model affects the mathematical communication skills of grade VIII students at SMP Negeri 3 Tanjung Bintang. Keywords: generative learning, influence, learning video, mathematical communi- cation skills.} }