TY - GEN ID - eprints8667 UR - http://digilib.unila.ac.id/8667/ A1 - 0543021033, Maulana Subhan Y1 - 2011/03/02/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Gadingrejo semester genap tahun pelajaran 2010/2011 dengan meng- gunakan pendekatan kontekstual. Pembelajaran dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi aktivitas dan tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas VIII-B semester genap SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu tahun pelajaran 2010/2011. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Studi pada Siswa Kelas VIII-B Semester Genap SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2011) AV - restricted ER -