%0 Generic %A DWI , SUSANTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:86680 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/86680/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas V SDN 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain penelitian noneequivalent control group design. Teknik pengambilan populasi menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 59 peserta didik dan sampel berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 19,930 > 4,41 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan penggunaan model discovery learning berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SDN 5 Metro Pusat. Kata kunci : discovery learning, flipbook, hasil belajar.