creators_name: AYNUN , DINDA PRATIWI creators_id: 1713023054 type: other datestamp: 2025-05-07 01:50:31 lastmod: 2025-05-07 01:50:31 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbasis etnosains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 4 yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model problem based learning dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) yang dilakukan, rata-rata n-Gain pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi siswa pada kelas kontrol sebesar 0,35 dengan kategori “kecil” dan pada kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori “besar”. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 78% peningkatan materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi siswa pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh model problem based learning. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbasis etnosains efektif dan mempunyai pengaruh yang “besar” dalam meningkatkan materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi siswa. Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, problem based learning, pengaruh, etnosains. date: 2024-06-14 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: AYNUN , DINDA PRATIWI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/86687/1/ABSTRAK_3%20-%20Aynun%20Dinda.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86687/2/AYNUN%20RV%20TAPE%2012%20_2%20-%20Aynun%20Dinda.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86687/3/AYNUN%20RV%20TAPE%2012%20%28TANPA%20BAB%20IV%29%20_2%20-%20Aynun%20Dinda.pdf