@misc{eprints86697, month = {Juni}, title = {PE RSE PS I M AHAS ISWA TE NT ANG INV ES TAS I SAHAM DITINJAU DARI TUJUAN FINANCIAL, KEUNTUNGAN, DAN RISIKO (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG)}, author = {Widiyati Yurisma }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/86697/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi yang dimiliki mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung terhadap investasi saham yang ditinjau dari aspek persepsi tujuan financial, keuntungan, risiko. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung dengan jumlah 276 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung memiliki persepsi yang baik terhadap investasi saham jika ditinjau dari aspek persepsi tujuan financial, keuntungan, dan risiko. Sedangkan pada pengetahuan investasi saham mahasiswa memiliki perspektif yang buruk. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh untuk persepsi tujuan financial nilai t hitung {\ensuremath{>}} t tabel yaitu 91,76 {\ensuremath{>}} 1,9748 dan signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Untuk persepsi keuntungan nilai t hitung {\ensuremath{>}} t tabel yaitu 91,12 {\ensuremath{>}} 1,9748 dan signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Untuk persepsi risiko t hitung {\ensuremath{>}} t tabel yaitu 91,05 {\ensuremath{>}} 1,9748 dan signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Sedangkan untuk pengetahuan mahasiswa terhadap investasi yaitu nilai t hitung {\ensuremath{>}} t tabel yaitu 88,17 {\ensuremath{>}} 1,9748 dan signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Kata kunci: Investasi Saham, Keuntungan, Risiko, dan Tujuan Financial. This research aims to determine the perceptions of students in the Economics Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, towards stock investment in terms of perceptions of financial goals, profit perceptions, and risk perceptions. This research uses a quantitative descriptive research method with a survey approach. The population in this study is students in the Economics Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, totaling 276 students. The sampling technique in this research is probability sampling using simple random sampling technique. Hypothesis testing is conducted through t-test using SPSS 25.0 for Windows application. The results show that students in the Economics Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung have a good perception of stock investment when viewed from the aspects of financial goal perception, profit perception, and risk perception. However, students' knowledge of stock investment is poor. Based on the results of hypothesis testing, it is obtained that for financial goal perception, the t-value {\ensuremath{>}} t-table, which is 91.76 {\ensuremath{>}} 1.9748, with a significance of 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05. For profit perception, the t-value {\ensuremath{>}} t- table, which is 91.12 {\ensuremath{>}} 1.9748, with a significance of 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05. For risk perception, the t-value {\ensuremath{>}} t-table, which is 91.05 {\ensuremath{>}} 1.9748, with a significance of 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05. Meanwhile, for students' knowledge of investment, the t-value {\ensuremath{>}} t- table, which is 88.17 {\ensuremath{>}} 1.9748, with a significance of 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05. Keywords: Financial Goal Perception, Profit, Risk, and Stock Investment.} }