@misc{eprints86741, month = {Maret}, title = {PENGARUH MEDIA GOOGLE EARTH DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA SMA NEGERI 1 ANAK RATU AJI}, author = { FRADIAN SARI JULLIA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/86741/}, abstract = {Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Google Earth dalam pembelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa, mengenai ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan berdasarkan kelas mengenai tingkat kemampuan berpikir spasial pada materi konsep wilayah dan tata ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 125 peserta didik dan 66 peserta didik sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan media Google Earth dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan media konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan STAT. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N Gain dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Media Pembelajaran Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Anak Ratu Aji. Perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81 dan kelas kontrol sebesar 70. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dari data hasil perhitungan diperoleh taraf signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 karena signifikansi lebih kecil dari 0,005 (0,000 {\ensuremath{<}} 0,005), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kata kunci: media pembelajaran, Google Earth, kemampuan berpikir spasial.} }